500 RIBU DI JOGJA 4 HARI 3 MALAM

Oke, kemarin gue baru aja pergi ke jogja bareng temen temen gue sekitaran empat orang. Kebetulan gue disitu sebagai tour leader, ciyellaaah cerita nya gue sebagai pemandu mereka. Karna gue sebelumnya juga pernah ke jogja, jadi gue tau perkiraan budget buat di jogja selama 4 hari 3 malam itu berapa. Disini gue memaksimalkan budget sebesar 500 ribu rupiah untuk 4 hari 3 malam selama di jogja. Wooooow murah banget yaa.. thats right, maka dari itu, gue disini bakalan kasih tips dan trik supaya kalian semua bisa menikmati liburan yang cukup murah dengan biaya yang sangat terjangkau tentunya tanpa menguras isi dompet kita.. Hahahaha.. lanjut ke point ke yang pertama..

HARI  PERTAMA MINGGU :

suasana di stasiun senen pukul 10:30
- Ambil tiket kereta jurusan stasiun lempuyangan, itu adalah stasiun pemberhentiaan untuk class ekonomi. Kalo bisa udah booking tiket jauh jauh hari, waktu itu gue booking sebulan sebelum ke berangkatan, karna nyatanya 2 minggu sebelum keberangkatan tiket sudah habis terjual. Ambil tiket paling murah, berapapun jam keberangkatannya, rata rata keberngkatan itu sekitar jam 12an, jadi kita bisa sampe di jogja jam 8 maleman.




inilah suasan class ekonomi
Waktu itu gue ambil tiket seharga 74 ribu, keberangkatan jam 11:30 sampe di jogja jam 19:45, gue turun di stasiun lempuyangan. Oiia, penginapan paling murah itu ada disekitaran jln Malioboro. Jadi kita harus jalan kaki kurang lebih sekitar 1 km ke jln malioboro, saran dari gue mending kita jalan kaki dibanding harus naik becak, trans jogja ataupun taksi. Karna jarak sebenernya itu nggk terlalu jauh banget, apalagi kita jalan sambil menikmati indah malam kota di jogja. Waktu itu juga gue dibantu pake GPS, jadi gue selalu jalan lewat perumahan / perkampungan warga gitu, nanti kalian bisa cek sendiri di gps supaya bisa sampai lebih cepat.
Sampai di malioboro gue langsung ke penginapan buat ceck in, Waktu itu gue nginap di losmen Indonesia Hotel. penginapan ini terkenal banget buat kalangan backpacker indonesia, bahkan ketika gue ceck in ini kamar udah penuh semua, dan untungnya gue udah booking jauh jauh hari via transfer untuk menghindari kamar penuh.

gimana ? bagus kan suasana kamarnya :D
Disini tarifnya murah banget, mulai dari 75 ribu kamar mandi luar, sampai dengan 125 ribu untuk kamar dalam + TV. waktu itu gue ambil yang paket 95 ribu perhari, ini nggk pake tv cuma pake kipas angin + kamar mandi dalem. Tapi sensasinya nggk jauh beda, tetap nyaman karna kita nonton tv via smartphone hahahaha.. 95 Ribu  x 3 hari = 285 ribu ( 2 orang ). Dua orangnya lagi kena charge sebesar 25 ribu / orang. Jadi untuk dua orang kena charge 50 ribu/hari x 3 hari = 150 ribu + 285 ribu = 435 ribu untuk 4 orang dalam satu kamar. Gimana, murah kaaaan. kalo dibagi 4 itu perhitungan satu orangnya sekitar 108.750 / orang. Atau 36.250 / hari. Wuuuiiiiii mantap kan harganya :D .

HARI KE DUA SENIN :

- Di hari kedua ini, gue langsung trip ke wisata kalibiru dan juga candi borobudur. Lagi lagi,

kuning = kawan
indonesia hotel sudah menyediakan penyewaan motor ataupun mobil tersendiri, jadi, kita akan akan lebih mudah lagi untuk wara wari tanpa rasa was was karna motor pasti akan terjaga dengan aman dan juga baik. Waktu itu, untuk yang menginap di hotel indonesia, hanya cukup membayar 70 ribu /hari untuk penyewaan motornya. Harga normalnya untuk penyewaan motor di jogja itu 80 ribu /hari. jadi kalo 2 hari, kita cukup membayar 140 ribu : 2 orang jadi 70 ribu : 2 hari jadi 35 ribu / orang.. hehehe lagi lagi kita dapat fasilitas murah.. :D karna motor sisa satu, terpaksa gue nyewa motor di luar untuk 2 orang lagi, untunya gue dapet gk terlalu mahal, cuma 75 ribu / hari, lumayan laaaahh cuma beda 5 ribu.. hehehe. waktu itu pake motor matic honda vario dengan status bensin udah terisi full tank.. wuuuuuiiiiih lagi lagi indonesia hotel memberikan kepercayaan lebih buat gue. Disini kita hanya melampiran ktp / npwp sebagai jaminan motornya.. mantap kan, biasanya kita di tanya sim kalo nyewa motor diluaraan.. Lanjuuuuttt. kita cus ke kalibiru pukul 10 pagi, sampai disana sekitar jam 11 an siang.

photo dulu coy :D
 Tiket masuk wisata kalibiru itu cuma 5 Ribu / orang x 4 jadi 20 Ribu.. heheehe disana kita udah di suguhkan banyaknya wisatawan asing maupun lokal yang ingin bersantai dan juga berfoto di rumah pohon kalibiru. Karna memang spot yang terkenal disana memang itu, rumah pohonnya. kebetulan kita nggk bisa photo di rumah pohon itu, karna antrian yang cukup panjang, sekitar 3 jam lebih kita harus menunggu jika ingin berphoto. Waktu juga udah agak sore sekita jam 2 an, alhasil gue sama temen" cuma bisa photo disekitaran tersebut. Jika kita ingin berphoto, kita cukup membayar kurang lebih 30 ribu / 8 photo. lanjut dari sini kita langsung menuju candi borobudur, kurang lebih perjalanan 1 jam.

sebelum naik ke atas candi


 sampai disana kita langsung membeli tiket masuk seharga 30 ribu / orang x 4 = 120 ribu ini untuk hari biasa, tanggal merah atau hari weekend 70 ribu / orang.
tuh liat udah mendung banget
Borobudur tutup jam 5 sore, makanya kalo mau kesana jangan kesorean, ntar waktunya kurang puas buat photo photo.. hahahaha..
 abis itu gue langsung pulang menuju penginapan, kita cukup ngisi bensin sekitar 20 ribu untuk jaga jaga dan antisipasi juga buat besok.. hehehe, sampai di penginapan, kita makan dulu di sekitaran malioboro, tepatnya di samping gang sosrowijayan, waktu itu gue makan nasi goreng seharga 12 ribu.. heheh cukup terjangkau kaaan..

HARI KE TIGA SELASA

- Di hari ke tiga ini gue dan temen temen langsung lanjut ke pantai nglambor di daerah gunung kidul, perjalanan cukup lama, sekitar 2 jam lebih kita baru bisa sampe, disini lagi lagi gue hanya mengandalkan gps sebagai pusat perjalanan gue, dan terbukti memang tidak ada kendala.. hehehe.
gimana suasananya ? seger kan.. hehe
 gue berangkat jam 10 pagi, sampe sana sekitar jam 12 an lewat, wuiiiiiih panasnya coooooy bikin pengen pengen nyebur aja itu keair laut :D dari situ gue langsung parkirin motor, cuma bayar 3 ribu / motor. Disitu gue langsung nyewa perlengkapan snorkling, karna emang pantai nglambor ini terkenal dengan wisata airnya yang cukup baik untuk wilayah jogjakarta, jadi sayang kalo kita udah smpe sini nggk nyobain keindahan bawah lautnya.. hehe.. sewa alat snorkling nya juga cukup murah, cuma 45 / ribu sepuasnya.. hehehe.. kita dapet sepatu katak, pelampung, photo underwater, guide, dan juga kacamata renang + selangnya. 
gimana, murah kaaan, waktu itu gue berempat dapet sekitar 120 an photo underwater dari guidenya, dan nanti kita juga bakalan dikasih arahan supaya kita bisa dapet photo terbaiknya.. hehehe.. selesai berenang kita juga disuguhin air jahe anget, dan itu gratis harganya, tujuannya buat ngangetin badan.. hehhe sekitar jam 2an kita pulang, niatnya kita mau langsung cus ke hutan pinus imogiri, karna cuaca yang nggk bersahabat akhirnya gue memutuskan buat ke bukit bintang aja, kebetulan satu jalur sama arah pulang.

Setelah sampai di bukit bintang, kita coba ngopi" sejenak untuk melepas lelah, dan juga melihat indahnya kota jogjakarta dari atas sana, Hmmm sebenernya bukit bintang ini nggk beda jauh kaya di puncak bogor, malah sepertinya lebih bagus viewnya di punca bogor.. hehehe, gue ngg terlalu lama juga di sini , karna cuaca udah mendung banget, takut keujanan dijalan, akhirnya gue langsung cuss pulang ke penginapan.

Sampe di penginapan lagi lagi kita makan nasi goreng di tempat yang sama seharga 12 ribu. Kita langsung istirahat, mandi mandi selesai itu kita langsun jalan jalan menimati suasana malam di jogjakarta, tepat nya malioboro, kita jalan dari sekitaran tugu jogja sampe ke alun alun kidul jogja.. hufft.. capeknya bukan main, jauh bro ternyata.. hahah gpp nggk kerasa ko walaupun jauh jaraknya, karna kita sambil melihat suasana jogja yang begitu indah itu..

HARI KE EMPAT RABU

- Kita semua langsung prepare buat ceck out penginapan, karna kita harus ceck out jam 12 siang.
 setelah semuanya selesai dan sudah beres, jam 10 an kita belanja oleh oleh khas jogja terlebih dahulu, yaitu bakpia pathok, waktu itu gue belanja di bakpia pathok 99 , lumayan juga kalo jalan kaki, tapi gpp namanya juga backpacker jadi kita harus meminimalisir uang seminima mungkin kalo itu masih bisa kita lakuin dengan jalan kaki.
 Harga bakpia disini bervariasi, rata rata harga yang di tawarkan sekitar 30-50 ribu / box. lagi lagi, gue ambil harga yang paling murah aja, yaitu 30 ribu / box. Gue ambil bakpia kering, supaya bisa tahan 3 - 5 hari. kalo bakpia basah cuma tahan 2 hari aja.  selesai itu gue langsung balik ke penginapan buat check out. waktu itu gue buat pulang ke jakarta dari stasiun solo jebres, tiketnya seharga 84 ribu, keberangkatan jam 16:57 sampe di jakarta jam 01:55 . makanya gue harus ke solo dulu naik kereta api dari stasiun jogjakarta, murah ko tiketnya cuma 8 ribu / orang, fasilitasnya juga bagus, kursinya seat 2 per 2 . dari jogja menuju solo itu sekitar 1 jam perjalanan. karna dari st jogja menuju st solo jebres gdaa, jadi kita harus berhenti di st solo balapan, nanti sampe di solo balapan kita naik taksi online aja, atau kalo disini booking via telphone, tarifnya juga murah banget, minimal order 25 ribu, daripada taksi konvensional, kita bisa kena 50 ribu. padahal jarak dari st solo balapan ke st solo jebres itu deket banget, sampe sampe diargo cuma tertulis 12 ribu doang, tapi tetep kita haru bayar 25 ribu bro. oke, jangan di passin, kasihan bapaknya.. hehehe..
sampe di solo jebres itu gue sama temen temen sekitar jam 1 siang, masih lama banget  keretanya. akhirnya buat nunggu waktu pulang, gue sama temen temen memutuskan buat jalan jalan santai sekitaran kota solo yang di tempuh lewat jalan kaki aja.. hehehe disana gue sama mereka lalu lalang nggk jelas kesana kemari, dan niat nya gue mau ke keraton kota solo karna waktu nya yang nggak cukup, akhirnya gue pergi ke pasar gede di kota solo. keratan solo itu tutup jam 2 siang, jadi harus dipersiapkan waktunya kalo mau kesana.. di pasar gede gue sama temen temen belanja jajanan yang murah banget, harga perbungkusnya itu rata rata 5 ribu , dengan isi yang cukup banyak brooo... hehehe.. akhirnya waktu udah mendekati jam keberangkatan, gue sama temen temen langsung balik ke stasiun buat check in, masuk ke ruang tunggu. 20 menit kemudian kereta dateng, gue semua masuk dan duduk tidak sesuai seat, karna masih ada beberapa yang koson, lumayan bisa buat tiduran. perjalanan pun selesai di kota pelajar tersebut dengan suasana yang pastinya tidak terlupakan. benar kata pepatah mengatakan, bahwa jogja slalu indah untuk dikenang, dan memaksa kita untuk kembali kesuasana romantismenya. :)

Oke, disini gue akan menjelaskan perincian biaya selama gue di jogja 4 HARI 3 MALAM :

- Tiket PP 74 ribu + 84 ribu = 158 ribu
- Penginapan  36.250 / hari x 3 hari = 108.750 dibulatkan 110 ribu
- Sewa Motor 70 ribu / hari : 2 orang = 35 ribu x 2 hari = 70 ribu
- Tiket  masuk kalibiru 5 ribu / orang + parkir = 8 ribu
- Tiket masuk borobudur 30 ribu / orang + parkir = 35 ribu
- Makan selama 3 hari 60 ribu + sarapan pagi = 70 ribu
- Tike masuk pantai nglambor 10 ribu / motor
- Ngopi + santai di bukit bintang 5 ribu
- Tiket kereta jogja ke solo 8 ribu / orang
- Taksi ke stasiun 25 ribu : 4 orang  = 7 ribuan
- Bensin selama 2 hari 20 ribu / orang
_____________________________________________________  +
                    TOTAL                                                   Rp. 501.000,-


* harga disesuaikan sesuai kebutuhan, dan belum termasuk oleh oleh dan keperluan pribadi lainnya.



Terima kasih kota pelajar, semoga saja aku banyak belajar dari indahnya kota sepertimu . :)

Dariku,
Yang slalu belajar karnamu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama