Pengertian Lensa Kontak Yang Baik


jangan sentuh bagian dalam lensa kontaknya.
      Kali ini gue akan ngebahas mengenai lensa kontak yang baik itu seperti apa sih, karena gue suka sebel kalo ada orang yang mau pakai lensa kontak, kenapa harus menjadi acuan besar tidaknya kadar air lensa kontak itu sendiri ? katanya, kalo semakin tinggi kadar air lensa kontaknya itu semakin baik, karna nggk gampang kering. Menurut gue jawaban ini kurang tepat, karna masih banyak hal yang membuat lensa kontak itu baik untuk mata kita.




Bahan Atau Material Lensa Kontak
lensa kontak tertipis di dunia

Gue yakin pasti lu jarang memperhatikan ini, kebanyakan orang nggk tahu bahan yang seperti apa yang digunakan lensa kontaknya, karna tahunya cuma air air dan air. Padahal ni ya, sebelum kita menggunakan lensa kontak, kita harus tahu dulu, bahan atau material apa yang digunakan oleh lensa kontak tersebut. Karna apa, ketika kita tahu bahan apa yang digunakan untuk lensa kontaknya, kita akan tahu, seperti apa karakter lensa kontak tersebut. Sebagai contoh kalo film film layar tv, terkadang diawal acara kita sudah bisa melihat peran si A sebagai antagonis, maka dari sini mungkin kita bisa tahu, bahwa si A memiliki peran yang begitu jahat atau tidak baik, atau sama halnya protagonis yang memiliki sifat yang baik. Sama halnya lensa kontak, lensa kontak juga memiliki sifat yang berbeda, tidak semua lensa kontak yang kita gunakan itu sama.

Sifat Material Atau Bahannya
keadaan jika mata kita kekurangan oksigen

Lensa kontak, biasanya sih orang orang nyebutnya softlens, padahal softlens dengan lensa kontak itu beda, softlens itu lensa kontak lunak, namanya juga soft, pasti lembut banget ya kan.. Makanya softlens ini cukup nyaman digunakan karna memang bahannya yang begitu lembut dan lentur, sehingga lensa kontak ini cukup nyaman digunakan. Softlens atau lensa kontak lunak atau non silicone hydrogel itu terbuat dari bahan -HYDROXYETHIL METHACRYLATE atau disingkat HEMA, sejenis hydrogel yang bersifat hydrophobic ( cinta air ). Jadi, sottlens ini sama halnya seperti spons atau busa yang gampang menyerap air. Bahan ini membutuhkan air untuk tetap dapat menjaga bentuk dan juga kelengkungan lensa kontak itu sendiri. Makanya kenapa ketika kita beli lensa kontak, pasti di dalamnya ada sedikir air, tujuannya yaitu, supaya bentuk dan kelengkungan lensa kontaknya nggk berubah. Kalo kita bisa lihat dibelakang kemasan lensa kontaknya terkadang kita lihat, Kadar Air 58% itu artinya apa sih ? Itu artinya, lensa kontak tersebut membutuhkan air sebesar 58% dari total bahan yang dimiliki sebesar 42%. Padahal kita tahu, bahwa lensa kontak itu Membutuhkan air bukan Menghasilkan air. Dari mana lensa kontak membutuhkan air, ? Ketika lensa kontak kita gunakan, secara tidak langsung lensa kontak ini menyerap kandungan air mata kita sebesar yang dia butuhkan, makanya kenapa terkadang mata kita suka kering atau merah, apalagi di ruangan yang ber AC. Ini terjadi karna kandungan air mata kita tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh lensa kontak tersebut.
RGP ( Rigid Gas Permeable ) atau biasa disebut dengan Hard Lens, yaaa karna emang lensa kontak ini yang keras dan juga kaku, sehingga untuk tingkat kenyamanannya masih tergolong rendah, walaupun begitu, lensa kontak RGP ini memiliki daya tembus oksigen paling tinggi dibandingkan dengan jenis lensa kontak yang lainnya. Makanya banyak banget dokter mata yang menyarankan untuk menggunakan lensa kontak RGP ini khususnya bagi penderita yang memiliki kelainan minus atau cylinder tinggi, karna memang kemampuan transmibilitas oksigen yang begitu baik.

Silicone Hydrogel 
contoh lensa kontak berbahan sillicone hydrogel

nah, silicone hydrogel ini sebenarnya gabungan dari keunggulan RGP dan kelebihan daripada HEMA. Lensa kontak ini memiliki kelenturan yang hampir sama seperti HEMA ( Softlens ) karna memang bahannya yang begitu unik, dibilang silicone bukan, hydrogel juga bukan. Lensa kontak berbahan silicone hydrogel itu cenderung memiliki kadar air yang begitu rendah, atau tepatnya dibawah 50%, walaupun begitu, lensa kontak berbahan silicone hydrogel ini memiliki kemampuan daya tembus oksigen 5x lebih tinggi dibandingkan berbahan HEMA ( SOFTLENS ) biasa. Karna memang bahannya itu udah bagus banget, makanya dia udah nggk butuh kadar air tinggi itu, itu pun ada hanya sebagai pembasah saja. Makanya lensa kontak jenis ini masih sangat baik jika digunakan sampai dengan 12 jam perhari, beda dengan bahan HEMA yang hanya mampu digunakan maksimal sampai 8 jam perhari, karna memang kekuatan bahan HEMA tidak sebaik bahan silicone hydrogel.

Kadar Air Tinggi vs Kadar Air Rendah
kadar air tinggi tidak selalu baik

Menurut FDA atau disingkat Food Drug And Administration, atau kalo di indonesia itu namanya BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan ) nah kalo di lensa kontak ini namanya FDA. Jadi menurut FDA lensa kontak itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu lensa kontak berkadar air tinggi atau diatas 50%, dan lensa kontak berkadar air rendah dibawah 50%. Tapi kan mungkin pertanyaannya, terus mana dong lensa kontak yang baik untuk mata kita. Jawabannya ya tergantung kondisi mata kita, jika kuantitas dan juga kualitas air mata kita tergolong rendah atau sedikit, lebih baik gunakan lensa kontak yang memiliki kadar air dibawah 50%, karna kenapa ? lensa kontak yang memiliki kadar air rendah itu lebih sedikit menyerap air mata kita, sehingga kelembapan mata kita tetap terjaga dan tidak mudah kering. Tetapi, jika kuantitas dan kualitas air mata kita tergolong normal, lebih baik gunakan lensa kontak yang memiliki kadar air banyak, karna kenapa ? lensa kontak yang memiliki kadar air banyak itu dapat meneruskan oksigen yang lebih banyak ke mata kita.

Base Curve atau Kelengkungan
bisa kita lihat disitu ada tulisan BC

ini juga penting, sebelum menggunakan lensa kontak, alangkah baiknya kita mengetahui tingkat kelengkungan kornea mata kita seberapa lengkung, hal ini tujuannya agar kita dapat menentukan lensa kontak mana yang terbaik untuk mata kita. Karna jika kelengkungan kornea mata kita cukup tinggi, dan kita menggunakan lensa kontak yang tidak sesuai dengan kondisi mata kita, ini akan menyebabkan lensa kontak yang kita gunakan menjadi tidak stabil, selalu bergeser, dan padahal seharusnya lensa kontak ini harus pada posisi central di kornea mata kita, agar penglihatan kita tetap stabil dalam kondisi apapun.

Diameter
perhatikan bagian limbusnya

Ini juga sama begitu penting sama halnya seperti basecurve. Kenapa diameter begitu penting, karna diameter ini kita butuhkan agar kita tahu bahwa lensa kontak yang kita gunakan tidak melebihi daripada jarak Limbus ( bagian luar kornea ). Jika ini sampai terjadi, ini akan membuat pengguna lensa kontak menjadi tidak nyaman, karna sejatinya daerah limbus ini memang daerah yang begitu sensitif terhadap sentuhan, makanya bahaya apabila pembuluh darah bisa sampai masuk ke daerah limbus, biasanya ini terjadi jika lensa kontak kekurangan asupan oksigen.


Kesimpulan :

- Intinya lebih butuh Oksigen atau Air ? Kalo saya pribadi dua duanya saya butuhkan, tapi Oksigen jauh lebih saya butuhkan, karna bukan hanya lensa kontak aja yang butuh oksigen, semua makhluk hidup ini butuh oksigen. Tanaman butuh oksigen untuk berfotosintesis, manusia atau hewan butuh oksigen untuk bisa bernafas dengan baik. Karna kalo air, kita puasa sehari penuh tanpa air aja masih bisa, coba puasa sehari penuh tanpa oksigen ? is death.. Makanya semakin baik bahan lensa kontak yang dapat ditembus oksigen, itu akan semakin baik untuk kesehatan kornea mata kita. Karna sejatinya kornea mata kita tertutup oleh lensa kontak, dan bagaimana caranya lensa kontak itu tetap mendapat asupan oksigen agar kornea mata kita tetap bisa bernafas dengan baik dan segar. 

Oke sobat, sekian dulu penjelasan mengenai seputar lensa kontaknya, sebenernya masih banyak banget yang mau di ceritain, berrhubung keterbatasan waktu, akhirnya kita sambung aja di lain waktu. Jika ada pertanyaan yang belum jelas, silahkan ditanya, insyallah saya akan jawab dengan benar sesuai dengan apa yang saya tahu. Karna malu bertanya sesat di hutan.. hhehehe.. wassallam.

 Dariku,
Yang mencoba belajar karnamu

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama